iden

Film 'Turah' menyoroti desa Tirang di Tegalsari, sebuah kota pelabuhan di Tegal di pantai utara Jawa, dimana 10 keluarga hidup tanpa air bersih dan listrik terbatas. (Foto: Fourcolour Films).

INFOTAINMENT ● JAKARTA Film drama Indonesia berbahasa Tegal produksi Fourcolours Films, 'Turah' atau 'Leftovers' disutradarai oleh Wicaksono Wisnu Legowo akan mewakili Indonesia di ajang bergengsi Academy Awards (Oscar 2018) tahun depan, dimana akan bersaing dalam kategori Best Foreign Language Film.

Film yang diproduseri oleh Ifa Isfansyah, menampilkan para aktor-aktris antara lain Ubaidillah, Slamet Ambari, Yono Daryono, Rudi Iteng, Firman Hadi, Bontot Sukandar, Narti Diono, dan lain-lain, bersaing dengan film asing lainnya sebelum Academy of Motion Picture Arts and Sciences (seni dan ilmu pengetahuan) yang akan masuk dalam lima nominasi terbaik.

"Turah," menceritakan tentang kehidupan masyarakat Kampung Tirang di Kota Tegal, Jawa Tengah yang mengalami isolasi selama bertahun-tahun yang kemudian memunculkan berbagai fenomena problema.

Film berdurasi 83 menit ini terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang bergengsi Academy Awards atau Oscar 2018, setelah Persatuan Perusahaan Film Indonesia (PPFI) mengadakan seleksi yang terdiri dari 13 orang, dan Christine Hakim sebagai ketua. Turah (produksi Empat Warna Media) dikirim mewakili Indonesia melalui Kategori Film Berbahasa Asing (Foreign Language Film).

"Kekuatan 'Turah' adalah suatu kejujuran dan kepolosan dimuara kemunafikan dan krisis kemanusiaan," kata aktris senior Christine Hakim saat jumpa pers di XXI Plaza Indonesia di Jakarta Pusat, Selasa (19/9/2017).

Christine Hakim yang memimpin panitia 2017, bekerja di bawah naungan Asosiasi Perusahaan Film Indonesia (PPFI) untuk memilih dan menominasikan film-film lokal untuk Academy Awards Oscar.

Sementara itu, seperti kalimat dikutip dari Jakarta Globe, Ketua PPFI Firman Bintang mengatakan bahwa dia mengharapkan pemerintah untuk membantu (support) mengenai anggaran, terutama untuk mendanai promosi dan iklan.

"Oleh karena itu, film Indonesia yang akan dikirim ke ajang Oscar 2018 akan bergema dan didengar oleh berbagai jaringan dan pelaku industri di seluruh dunia, dan pada gilirannya akan berdampak pada perkembangan industri perfilman kita," kata dia. 

Festival ajang bergengsi Academy Awards, yang dikenal sebagai Piala Oscar, dijadwalkan di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, pada 4 Maret 2018.

Apresiasikan Berita

Komentar

:

Google-adsense-logo-125.png

POPULAR INFOTAINMENT

INFO TERBARU

Copyright© 2017
Google-adsense-logo-125.png