iden

Lintas Negara
Typography

Hampir 600 penyelundup narkotika sepanjang tahun ini ditangkap Coast Guard, dan diserahkan ke pemerintah federal untuk dituntut di pengadilan AS. (youtube). 

AMERIKA SERIKAT ● Lebih dari tiga ton kokain ditemukan di Kapal selam mini 'Narco' menuju Amerika Serikat di lepas pantai California. Narkoba senilai jutaan dolar tersebut diamankan oleh tim gabungan Coast Guard, CBP dan Drug Enforcement Administration (DEA), badan penegakan hukum federal terbesar dari United States Department of Homeland Security.

Catatan kasus ini, empat orang ditangkap sedang membawa lebih dari tiga ton kokain di sebuah kapal selam mini 'Narco' yang diduga menuju AS.  

Sementara itu media setempat ABC News, melaporkan tim anggota Coast Guard yang dilengkapi persenjataan berat dengan reaksi cepat mengepung kapal selam mini tersebut, dan memaksa para tersangka untuk menyerah, Rabu (20/9).

Kapal selam mini 'Narco' yang beroperasi hampir sepenuhnya di bawah permukaan air dirancang khusus untuk sulit terdeteksi secara visual atau radar, sonar dan sistem inframerah.

Sebuah kapal Penjaga Pantai AS di lepas pantai California, menyergap kapal selam mini dengan harga kokain jutaan dolar menuju AS. (foto: dailymail)

Lebih dari 455.034 ribu pon kokain, senilai 6,1 miliar dolar telah diamankan oleh Coast Guard pada tahun 2017 ini, melebihi rekor tahun 2016 dari 443 ribu pon.   

Hal ini hanyalah salah satu dari sekian banyak cara penyelundup obat bius dengan skema yang lebih rumit untuk menyusupkan narkoba ke Amerika Serikat, termasuk penggunaan kapal selam untuk mendapatkan narkotika di lintas perbatasan. 

Sementara itu, diperkirakan 50 ribu pon kokain dan heroin senilai lebih dari setengah miliar dolar disita sejak Agustus, sebagaimana sebagian besar kokain tersebut untuk dikonsumsi di Amerika Serikat, dan berasal dari Kolombia.

Kartel narkoba Kolombia mengekspor kokain dari Kolombia ke Meksiko kemudian diselundupkan ke daratan Amerika Serikat. Demikian dilansir dari Daily Mail.

Menurut Penjaga Pantai AS dan Departemen Kehakiman, ini adalah sebuah rekor tonggak prestasi, narkoba senilai 6 miliar dolar telah ditegah berikut hampir 600 tersangka pelaku perdagangan obat bius diamankan.

Kepabeanan (bea dan cukai) dan militer AS menyatakan perang melawan narkoba, dan semakin menggeliat meningkatkan penyisiran operasi untuk menangkap pelaku yang menggunakan teknologi super canggih seperti, kamera penglihatan malam bertenaga tinggi, termasuk inframerah yang dapat mendeteksi di bawah riak gelombang.

 

Apresiasikan Berita

Komentar

:
Google-adsense-logo-125.png

BULETIN POPULER